Kereta Api

Kereta Api Tawarkan Diskon hingga Akhir Juli

Kereta Api Tawarkan Diskon hingga Akhir Juli
Kereta Api Tawarkan Diskon hingga Akhir Juli

JAKARTA - Kesempatan menarik bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan harga lebih terjangkau masih terbuka. PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus memberikan akses kemudahan transportasi lewat program potongan harga tiket kereta api sebesar 30%, khusus untuk kelas ekonomi komersial. Promo ini hanya berlaku hingga Kamis, 31 Juli 2025.

Program ini menjadi pilihan tepat bagi penumpang yang hendak melanjutkan perjalanan di akhir bulan atau mengisi waktu liburan sekolah dan cuti bersama dengan moda transportasi yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan.

Vice President Public Relations PT KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa animo masyarakat terhadap promo ini sangat tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah tiket yang telah dipesan hingga Rabu, 30 Juli 2025. Tercatat 3.541.588 tiket promo telah terjual dari total 3.529.612 kursi yang disediakan, atau mencerminkan okupansi yang melebihi 100%.

“Masih ada beberapa rute dan jadwal yang bisa dipesan dengan harga spesial hingga besok. Jangan sampai terlewat, segera cek tiket yang tersedia lewat aplikasi Access by KAI atau booking.kai.id," kata Anne.

Anne menegaskan bahwa program diskon ini tidak hanya menawarkan penghematan secara finansial, melainkan juga menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih berarti. Kereta api, menurutnya, merupakan moda transportasi yang memungkinkan penumpang untuk lebih menikmati keindahan Indonesia secara langsung.

"Penumpang diajak menikmati lanskap Nusantara, dari hamparan sawah hijau, perbukitan, hingga suasana khas stasiun-stasiun yang sarat cerita," tambahnya.

Promo diskon ini menjadi bagian dari strategi KAI untuk terus mendorong minat masyarakat menggunakan kereta api sebagai alternatif transportasi utama yang efisien dan berkelanjutan. Selain itu, KAI juga ingin memberikan kontribusi nyata bagi sektor ekonomi lokal melalui mobilitas masyarakat yang meningkat selama masa promo.

Anne menyebut, tingginya aktivitas perjalanan berdampak langsung pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di sekitar lingkungan stasiun. Para pelaku usaha lokal, mulai dari penginapan, rumah makan, hingga pedagang kaki lima turut merasakan manfaat dari pergerakan penumpang.

"Naik kereta api mungkin terlihat sederhana, tapi bagi kami, setiap tiket yang terjual memberikan energi baru bagi ekonomi masyarakat sekitar. Nilai itulah yang kami hargai lebih dari sekadar angka," jelasnya.

Sebelumnya, dalam sejumlah kesempatan, pemerintah juga menegaskan dukungannya terhadap berbagai program insentif harga tiket yang digulirkan oleh penyedia layanan transportasi publik, termasuk KAI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa diskon tiket kereta api dan pesawat akan tetap dipertahankan pada momentum penting seperti libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) demi menjaga daya beli masyarakat.

Dengan berbagai insentif tersebut, KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanan secara lebih fleksibel dan nyaman. Terlebih, dengan sistem pemesanan digital yang semakin mudah diakses, pembelian tiket tidak lagi menjadi kendala. Melalui aplikasi Access by KAI dan situs resmi, penumpang dapat melihat ketersediaan kursi secara real-time, memilih jadwal keberangkatan sesuai kebutuhan, serta melakukan pembayaran secara aman.

Masyarakat pun diimbau untuk memanfaatkan sisa waktu promo dengan sebaik-baiknya. Tiket diskon tersedia untuk berbagai rute populer, termasuk tujuan wisata maupun kota-kota besar yang menjadi titik pergerakan bisnis dan keluarga.

Sejalan dengan peningkatan permintaan, KAI juga tetap memastikan seluruh aspek keselamatan, ketepatan waktu, dan kenyamanan penumpang tetap menjadi prioritas utama. Penguatan layanan di stasiun, peningkatan jadwal keberangkatan, serta pemeriksaan armada dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas layanan.

Selain faktor teknis, pengalaman naik kereta api juga terus dikembangkan KAI melalui aspek non-fisik seperti peningkatan layanan pelanggan, digitalisasi sistem tiket, hingga penguatan branding transportasi berbasis budaya dan sejarah.

Dalam jangka panjang, strategi ini menjadi bagian dari visi KAI untuk menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi publik yang tidak hanya fungsional, tapi juga emosional—membangun koneksi antara perjalanan, lingkungan, dan komunitas.

Dengan antusiasme tinggi dari masyarakat, promo diskon 30% kali ini menjadi sinyal bahwa kereta api terus dipercaya sebagai moda transportasi masa depan yang mengutamakan efisiensi, keselamatan, dan keberlanjutan.

PT KAI mengajak seluruh masyarakat untuk segera merencanakan perjalanan, memesan tiket lebih awal, dan memanfaatkan momen promo ini untuk mendukung perjalanan yang lebih hemat sekaligus berkontribusi terhadap roda ekonomi nasional.

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index